Syahrul Alam, Fahrul Rahman, Zyamsir Rusli
Syahrul Alam, Fahrul Rahman, Zyamsir Rusli; Rancang Bangun Media
Pembelajaran Praktik Alignment Dasar (Dibimbing Oleh Amrullah, M.T., dan
Aminuddin, S.Pd.)
Besarnya persentase sistem pembelajaran praktik yang diterapkan Politeknik
Bosowa dituntut untuk memenuhi kelengkapan media pembelajaran sebagai alat
praktikum. Pada Workshop Program Studi Perawatan dan Perbaikan Mesin, media
pembelajaran praktik alignment belum tersedia sehingga perlu dirancang media
pembelajaran praktik alignment dasar dalam bentuk alat peraga. Metode dasar
yang di terapkan pada media pembelajaran ini yaitu dengan cara rough alignment
atau alignment kasar pada elemen transmisi. Elemen transmisi yang dijadikan
objek alignment terdiri dari kopling, puli-sabuk, sproket-rantai dan roda gigi.
Sumber penggerak dari putaran adalah motor listrik dengan daya 0,5 Hp dan 1430
rpm yang direduksi oleh sebuah reducer dengan rasio 1:60. Adapun penggunaan
media pembelajaran di mulai dari proses pemasangan reducer yang merupakan
komponen acuan. Kemudian dilanjutkan dengan memeriksa penyimpangan dari
kopling, puli-sabuk, sproket-rantai, dan roda gigi. Selanjutnya masing-masing
hubungan pasangan elemen transmisi tersebut dilakukan proses pengukuran
untuk mendapatkan besarnya penyimpangan atau misalignment yang terjadi.
Kemudian dilakukan proses alignment dengan menggunakan metode dasar, untuk
menghasilkan kondisi pasangan elemen transmisi yang align. Dan menghasilkan
kondisi yang sesuai dengan penyimpangan yang di perbolehkan. Berdasarkan hasil
yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini dapat
mempermudah mahasiswa dalam mempelajari proses alignment pada elemen
transmisi. Dan mahasiswa juga dapat mengetahui cara penggunaan alat ukur
untuk proses alignment dasar dengan berpedoman pada Standard Operational
Procedure (SOP) serta dapat mengetahui metode-metode dasar dalam praktikum
alignment.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Alignment, Metode Dasar, Rough Alignment